Soal dan Kunci Jawaban Forum Diskusi Modul Tematik Berbasis TIK PPG Terbaru
- Kegiatan Belajar 1: BAHAN AJAR POKOK, REMEDIAL, DAN PENGAYAAN PEMBELAJARAN TEMATIK BERBASIS TIK
- Kegiatan Belajar 2: MEDIA PEMBELAJARAN TEMATIK BERBASIS TIK
- Kegiatan Belajar 3: LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK (LKPD) PEMBELAJARAN TEMATIK BERBASIS TIK
- Kegiatan Belajar 4: APLIKASI PEMBELAJARAN TEMATIK BERBASIS TIK
Baca Juga :
Kunci Jawaban Tugas Akhir Modul Profesional - Bahasa Indonesia
Kunci Jawaban Tes Formatif Modul 2 KB 2 Profesional - Matematika
Kunci Jawaban Tes Formatif Modul 2 KB 3 Profesional - Matematika
Kunci Jawaban Tes Formatif Modul 2 KB 4 Profesional - Matematika
Kunci Jawaban Tes Sumatif Modul 2 Profesional - Matematika
Kunci Jawaban Tugas Akhir Modul 2 Profesional - Matematika
Kunci Jawaban Tes Formatif Modul 6 KB 3 Profesional - Tematik Berbasis TIK
Kunci Jawaban Tes Formatif Modul 6 KB 4 Profesional - Tematik Berbasis TIK
Kunci Jawaban Tes Sumatif Modul 6 Profesional - Tematik berbasis TIK
Kunci Jawaban Tugas Akhir Modul 6 Profesional - Tematik berbasis TIK
![]() |
ARNAIM.COM - Soal dan Kunci Jawaban Forum Diskusi Modul Tematik Berbasis TIK PPG Terbaru |
Soal dan Kunci Jawaban Forum Diskusi Modul Tematik Berbasis TIK PPG Terbaru
Jawaban Forum Diskusi Kegiatan Belajar 1
“Saya tidak sependapat dengan pandangan dan pernyataan guru SD di atas. Menurut saya, penggunaan fasilitas TIK dalam pembelajaran seperti SmartPhone tidak membahayakan peserta didik jika kita sebagai guru bisa mengatur/mengontrol sedemikian rupa penggunaan smartphone dalam pembelajaran sehingga peserta didik aman secara fisik dan mental. Dalam kasus di atas ada kekhawatiran beberapa orang guru SD dimana dikhawatirkan adanya tayangan-tayangan dalam bentuk teks baik diam maupun bergerak yang banyak mengandung unsur-unsur pornografi dan hal negatif lainnya. Hal ini dapat dikontrol atau dicegah dengan cara misalnya memblokir situs-situs/konten negatif yang berbahaya dengan melakukan pengaturan di smartphone atau di software yang ada di dalamnya. Guru bisa juga mengatur smartphone dalam mode terbatas (restricted mode/safety mode) untuk meminimalisir konten-konten negatif dari penggunaan Smartphone. Dalam hal ini pula, pemerintah melalaui Kementerian Kominfo telah melakukan berbagai upaya agar konten negatif tidak bisa diakses (diblokir), salah satunya dengan menggunakan Internet Positif. Di sisi lain, guru harus memiliki kompetensi atau keahlian yang mumpuni dalam bidang pengoperasian smartphone dan software/aplikasinya dalam mode terbatas/safety mode agar pembelajaran dengan smartphone bisa terkontrol dengan baik.”
“Guru keliru memahami peran aplikasi berbasis TIK dalam hal ini penggunaan Power Point sebagai alat bantu atau alat pendukung pembelajaran, sehingga cenderung menggantikan perannya sebagai seorang guru.”
Jawaban Forum Diskusi Kegiatan Belajar 2
“Pembelajaran menggunakan aplikasi tersebut menggantikan peran guru selama pembelajaran berlangsung. Guru terpaku terhadap materi dan langkah-langkah pembelajaran dalam buku siswa dan peran guru pasif karena digantikan oleh proyektor sebagai alat bantu atau pendukung pembelajaran. Guru keliru memahami fungsi dari penggunaan fasilitas TIK dalam pembelajaran.”
“Media pembelajaran yang dikembangkan oleh guru seharusnya melalui proses abstraksi untuk melepas ketergantungan peserta didik terhadap media. Dengan adanya proses abstraksi, diharapkan peserta didik akan terbiasa mengerjakan soal-soal matematika dengan cepat walaupun tanpa bantuan media. Kita mengenal adanya tahapan proses belajar yaitu enactive, iconic dan symbolic dari Bruner yang muaranya adalah peserta didik dapat berpikir secara abstrak.
- Tahap enactive; dalam tahap ini peserta didik di dalam belajarnya menggunakan atau memanipulasi obyek-obyek secara langsung berupa benda-benda konkrit atau situasi nyata.
- Tahap iconic; pada tahap ini menyatakan bahwa kegiatan anak-anak mulai menyangkut mental yang merupakan gambaran dari objek-objek. Dalam tahap ini, peserta didik tidak memanipulasi langsung objek-objek, melainkan sudah dapat memanipulasi dengan menggunakan gambaran dari objek. Pengetahuan disajikan oleh sekumpulan gambar-gambar yang mewakili suatu konsep (Sugandi, 2004:37).
- Tahap symbolic; tahap ini anak memanipulasi simbol-simbol secara langsung dan tidak ada lagi kaitannya dengan objek-objek. Anak mencapai transisi dari pengguanan penyajian iconic ke penggunaan penyajian symbolic yang didasarkan pada sistem berpikir abstrak dan lebih fleksibel.”
Jawaban Forum Diskusi Kegiatan Belajar 3
“Guru tidak dapat membedakan LKPD dengan instrumen evaluasi sehingga penggunaan LKPD tidak berorientasi pada proses. LKPD digunakan selama prosepembelajaran untuk memandu peserta didik dalam menguasai kompetensi tertentu dan bukan dimaksudkan untuk menguji peserta didik tentang penguasaan kompetensi tertentu. Guru harus dapat membedakan antara LKPD dengan lembar evaluasi, karena terdapat banyak LKPD berisi soal-soal untuk menguji peserta didik sehingga cenderung berperan sebagai lembar evaluasi.”
“LKPD yang dikembangkan oleh guru membatasi aktivitas peserta didik dalam melakukan eksplorasi. LKPD jenis ini memuat petunjuk dan langkah kerja yang disusun secara sistematis dan terstruktur untuk memandu peserta didik dalam menggali, mencari, dan menemukan pengetahuan tertentu. Biasanya LKPD jenis ini memfasilitasi peserta didik untuk menuliskan temuan-temuannya selama proses eksplorasi sampai dengan menuliskan hasil akhir yang didapatkan berupa pengetahuan tertentu yang harus dikuasai peserta didik. Jadi, LKPD Eksploratif harus mengandung petunjuk atau langkah kerja yang memadai dengan materi pembelajaran tidak terlalu dalam dan luas agar peserta didik bisa menemukan pengetahuan berekplorasi sesuai kemampuannya.”
Jawaban Forum Diskusi Kegiatan Belajar 4
“Pembelajaran menggunakan aplikasi tersebut menggantikan peran guru selama pembelajaran berlangsung. Guru terpaku terhadap materi dan langkah-langkah pembelajaran dalam buku siswa dan peran guru pasif karena digantikan oleh proyektor sebagai alat bantu atau pendukung pembelajaran. Guru keliru memahami fungsi dari penggunaan fasilitas TIK dalam pembelajaran.”
“Menurut saya, sebaiknya guru menggunakan aplikasi seperti Kahoot, Quizziz, Bank Soal Rumah Belajar Kemdikbud ataupun aplikasi sejenisnya yang berbasis online yang menyediakan fasilitas untuk mengolah data hasil belajar peserta didik.Aplikasi Whatsapp pun bisa digunakan, tapi bukan dengan cara mengirim file berformat doc ke dalam chat WA untuk diunduh dan dikerjakan peserta didik, kemudian setelah selesai dikerjakan, hasilnya dikirimkan ke WA guru. Cara ini kurang efektif.Aplikasi WA bisa digunakan untuk ujian atau ulangan online dengan cara menggunakan Microsoft Excel yang telah disetting menggunakan kode atau script tertentu dengan memanfaatkan fitur Auto Response di Aplikasi WA.”
Baca Juga :
Modul 1 - Konsep Dasar Ilmu Pendidik
Kunci Jawaban Tes Formatif Modul 1 KB 1 Pedagogik - Konsep Dasar Ilmu Pendidik
Kunci Jawaban Tes Formatif Modul 1 KB 2 Pedagogik - Konsep Dasar Ilmu Pendidik
Kunci Jawaban Tes Formatif Modul 1 KB 3 Pedagogik - Konsep Dasar Ilmu Pendidik
Kunci Jawaban Tes Formatif Modul 1 KB 4 Pedagogik - Konsep Dasar Ilmu Pendidik
Kunci Jawaban Tes Sumatif Modul 1 Pedagogik - Konsep Dasar Ilmu Pendidik
Kunci Jawaban Tugas Akhir Pedagogik 1 - Konsep Dasar Ilmu Pendidik
Modul 2 - Peran Guru Dalam Pembelajaran Abad 21
Kunci Jawaban Tes Formatif Modul 2 KB 1 Pedagogik - Peran Guru Dalam Pembelajaran Abad 21
Kunci Jawaban Tes Formatif Modul 2 KB 2 Pedagogik - Peran Guru Dalam Pembelajaran Abad 21
Kunci Jawaban Tes Formatif Modul 2 KB 3 Pedagogik - Peran Guru Dalam Pembelajaran Abad 21
Kunci Jawaban Tes Formatif Modul 2 KB 4 Pedagogik - Peran Guru Dalam Pembelajaran Abad 21
Kunci Jawaban Tes Sumatif Modul 2 Pedagogik - Peran Guru Dalam Pembelajaran Abad 21
Kunci Jawaban Tugas Akhir Modul 2 Pedagogik - Peran Guru Dalam Pembelajaran Abad 21
Modul 3 - Pembelajaran Inovatif
Kunci Jawaban Tes Formatif Modul 3 KB 1 Pedagogik - Pembelajaran Inovatif
Kunci Jawaban Tes Formatif Modul 3 KB 2 Pedagogik - Pembelajaran Inovatif
Kunci Jawaban Tes Formatif Modul 3 KB 3 Pedagogik - Pembelajaran Inovatif
Kunci Jawaban Tes Formatif Modul 3 KB 4 Pedagogik - Pembelajaran Inovatif
Kunci Jawaban Tes Sumatif Modul 3 Pedagogik - Pembelajaran Inovatif
Kunci Jawaban Tes Akhir Modul 3 Pedagogik - Pembelajaran Inovatif
Modul 4 - Perancangan Pembelajaran Inovatif
Kunci Jawaban Tes Formatif Modul 4 KB 1 - Merancang Pembelajaran Inovatif
Kunci Jawaban Tes Formatif Modul 4 KB 2 - Merancang Pembelajaran STEAM
Kunci Jawaban Tes Formatif Modul 4 KB 3 - Merancang Pembelajaran Blended Learning
Kunci Jawaban Tes Formatif Modul 4 KB 4 - Merancang Pembelajaran Project Based Learning
Kunci Jawaban Tes Sumatif Modul 4 - Perancangan Pembelajran Inovatif
Kunci Jawaban Tugas Akhir Modul 4 - Perancanan Pembelajaran Inovatif
Comments
Post a Comment